Rabu, 29 April 2020

Peralatan P3K dan Cara Penggunaannya

Wawan Setiawan Tirta
Untuk bisa melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) tentunya diperlukan peralatan-peralatan yang sederhana, harapannya di rumahmu disediakan peralatan jenis ini. paling kurang kamu bersama keluargamu bisa memanfaatkannya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ringan, misalnya luka ringan saat kamu membantu ibumu di dapur, atau terkena benda tajam lainnya.
Sekarang simak peralatan atau perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan minimal yang perlu dipersiapkan dalam usaha memberikan pertolongan, antara lain sebagai berikut;
 Untuk bisa melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan  Peralatan P3K dan Cara Penggunaannya
By.
1. Peralatan P3K
a. Kasa Steril
Kasa steril merupakan sejenis kain tipis dan lembut, biasanya digunakan untuk pembalut luka.
b. Plester Obat
Plester obat (plester yang mengandung obat) biasanya digunakan untuk menutup luka kecil yang telah dibersihkan, misalnya akibat teriris atau tersayat benda tajam. Pada permukaan tengah plester terdapat lapisan yang mengandung obat.
d. Kapas
Kapas digunakan untuk membersihkan luka atau mengoleskan obat. Biasanya sebelum digunakan, kapas terlebih dahulu dibasahi dengan air bersih yang steril atau larutan pembersih luka, setelah itu baru dipakai untuk membersihkan luka yang kotor.
e. Gunting
Gunting yang digunakan sebaiknya gunting perban tahan karat.
f. Lampu Senter
Lampu senter digunakan untuk melihat luka tertentu agar lebih jelas, misalnya suatu benda yang masuk ke telinga atau melihat benda yang sangat kecil di dalam luka.


2. Obat-obatan P3K
Setelah kamu mengetahui berbagai jenis peralatan yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan, sekarang kamu baca dengan seksama informasi berikut ini, isinya memuat tentang jenis obat-obat ringan yang bisa dibeli secara bebas tanpa harus menggunakan resep dokter, adapun jenis obat-obatan itu adalah sebagai berikut;
a. Obat Luka Ringan
1) Jenis obat
Obat merah (mercurochroom).
Betadine.
2) Cara penggunaannya
Bersihkan luka dengan obat pencuci luka atau air terlebih dahulu, kemudian oleskan obat pada luka.
3) Kegunaannya
Mempercepat penyembuh pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi.

b. Obat Pencuci Luka
1) Jenis obat
  • Rivanol.
  • Alkohol 70%.
  • Boorwater (Larutan boric).
2) Cara penggunaannya
Bersihkan luka dengan obat pencuci luka agar bersih dan steril kemudian oleskan obat pada luka.
3) Kegunaannya
Mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi.

c. Obat Luka Bakar
1) Jenis Obat
  • Bioplacenton.
  • Salep minyak ikan.
  • Lidah Buaya.
2) Cara Penggunaannya.
Bersihkan luka dengan obat pencuci luka agar bersih dan steril kemudian oleskan obat pada luka. Potong pangkal daun lidah buaya. Biarkan sampai lender keluar. Oleskan lender lidah buaya pada bagian yang sakit hingga merata sesering mungkin.
3) Kegunaannya
Mempercepat penyembuhan pada luka bakar.